Widget edited by super-bee

Pages

Friday, 23 January 2015

✎ Menyusuri Alam Gunung Andong

Sekitar 3 jam kami berkendara sepeda motor dari kota Jogja menuju kecamatan Ngablak, kabupaten Magelang. Ditempat ini kami mencoba mendaki sebuah gunung berketinggian 1.726 mdpl, tidak begitu tinggi, berada di sebelah utara gunung Merbabu, mereka menyebutnya gunung Andong.

Derasnya hujan memaksa perjalanan kami terhenti untuk kesekian kalinya. Sudah 3 kali kami berteduh, dimulai dari gubuk tua, masjid dan sebuah warung makan. Tentunya hal ini membuat waktu kami banyak terbuang diperjalanan.
Singgah sebentar di sebuah warung makan, pada akhirnya kami pun memesan makanan meskipun tidak lapar. Setelah perut terisi kamipun melanjutkan perjalanan lagi, dan alhamdulillah hujan sudah mulai reda.

Hampir tengah malam kami tiba di basecamp gunung andong. Sebuah desa di bawah kaki gunung yang berselimut kabut. Disini kami ditemani oleh para pendaki lain yang berasal dari berbagai daerah di Jawa tengah dan Jogja.

Di tengah perjalanan, kami disambut hutan pinus. Kicauan burung malam seringkali terdengar, memecah suasana yang begitu sunyi.  
Dengan beranggotakan 9 orang, kami berhasil mencapai puncak gunung Andong sekitar 2 jam. Sampai di puncak kami terkejut karena begitu banyak tenda yang sudah terpasang. Angin bertiup kencang dari arah timur membuat kami kesulitan mendirikan tenda. Butuh setidaknya 3 orang menjaga supaya tenda tidak jatuh ke jurang tertiup angin.


Sunrise yang kami tunggu-tunggu akhirnya muncul dari balik awan. Seketika yang lain juga ikut menyaksikan pemandangan menakjubkan yang jarang ditemukan ditempat lain.
Pagi ini langit sangat cerah, punuk lain dari gunung Andong terlihat jelas diseberang kearah timur. Beberapa dari kami memutuskan untuk mencapai punuk lainnya melewati jalan setapak dengan sisi jurang yang sangat dalam di kiri dan kanan.


Turun dari puncak kelihatan sangat mengerikan, jalanan terjal dan jurang sangat dalam terlihat sekarang. Harus ekstra hati-hati sebab di area dekat puncak jarang sekali ada pepohonan. Perjalanan pun semakin menegangkan.




Comments
0 Comments

0 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

Total Pageviews

Histats