Widget edited by super-bee

Pages

Tuesday, 30 April 2013

✎ Mengenal Penjelajah Islam Terkenal Ibnu Batutah


Berawal dari nonton acara di Trans TV pagi hari “Mozaik Islam” yang membahas tentang penjelajah Islam bernama Ibnu Batutah.
Saya search di google artikel mengenai Ibnu Batutah dari beberapa sumber, sekedar share aja barangkali ada yang belum mengenal beliau :

Ibnu Batutah adalah pelopor penjelajah terbesar di dunia pada abad 14 yang telah melakukan perjalanan sejauh 75,000 mil melalui daratan dan lautan, melebih jarak yang ditempuh Marcopolo. Menurut George Sarton seorang sejarawan Barat.

Lahir di Tanger, Maroko pada tahun 1304 M, bernama lengkap Muhammad bin Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim at-Tanji. Ibnu Batutah muda memulai perjalananya melalui jalur darat dan laut dari Makkah menuju ke Negara-negara sekitar yang melalui 120.000 km, menyinggahi 44 negara selama kurang lebih 30 tahun. Dalam Buku berjudul “Tuhfah an-Nazzar fi Gara`ib al-Amsar wa `afa`ib al-Asfar” yang disusun atas inisiatif sultan Abu Iyan berdasarkan pengalaman Ibnu Batutah selama dalam masa pengembaraan.

Dalam buku ini terlihat Ibn Batutah ingin menunjukkan peristiwa atau hal-hal yang berkaitan dengan sejarah, budaya, dan kehidupan masyarakat sosial Negara-negara yang pernah di singgahinya. Bahkan buku ini merupakan satu-satunya catatan perjalanan terlengkap yang berasal dari abad ke 14 yang sudah di terjemahkan ke dalam beberapa bahasa dan menjadi rujukan para ahli sejarah Barat.

Pada usia dua puluh tahunan beliau memulai perjalanannya setelah menunaikan ibadah haji pada tanggal 14 juni 1325 M, dimulai dari perjalanan darat yang kebanyakan dilakukan dengan berjalan kaki menyeberangi Tunisia menuju negeri seribu menara Alexandria Mesir yang menurutnya Alexandria adalah pusat perdagangan dan memiliki angkatan laut terkuat di laut Mediterranean.
Sebenarnya Ibnu Batutah berniat untuk kembali pulang ke Maroko, namun saat tiba di Makkah untuk yang ke dua kalinya beliau bertemu dengan jamaah haji dari berbagai negeri. Disitulah muncul niat yang sangat kuat untuk mengenal daerah asal para jamaah haji yang ditemuinya dan dimulailah pengembaraan yang sebenarnya.

Mulai dari melintasi gurun pasir arab menuju Iran, kemudian dilanjutkan menuju Mosul di India dan berlayar menuju Somalia pantai timur Afrika termasuk Ziela dan Mambiesa, setelah sebelumnya menjelajahi Aden. Dalam perjalanan itu beliau selalu tinggal minimal satu minggu di Negara yang di singgahinya.

Dilanjutkan menyusuri Nubia, Nil Hulu, Kairo, Syria dan tiba di Lhadhiqiy dan belayar ke Alaya di pantai selatan di Asia Kecil. pada tahun1333 M, Ibnu Batutah melanjutkan pengembaraan melalui jalur darat melewati dataran Rusia hingga sampai ke istana Sultan Muhammad Uzbeg Khan di tepi Sungai Wolga. Sempat juga Ibn Batutah mengunjungi Kaisar Audronicas di Byzantium.


Perjalanan ini tidak selalu mulus karena di kawasan Cambay di India, beliau sempat diserang dan di tawan gerombolan penyamun. Namun, Berkat permohonan seseorang beliau selamat dan dilepaskan.
Pengembaraan Ibn Batutah juga sampai ke wilayah Samudera Pasai (Aceh) dan sempat tinggal 15 hari di negeri yang beliau sebut sebagai Negeri nan hijau dan subur yang memiliki keidahan alam yang luar biasa. Sedangkan Dalam kunjungannya ke Cina, tercatat kekaguman Ibnu Batutah terhadap kekuatan armada besar yang dibangun mereka.

Petualangan Ibnu Batutah sang pengembara dari timur bahkan pernah sekilas di bahas dalam film NINJA ASSASSIN, dimana dikatakan bahwa Ibnu Batutah pernah singgah di pemukiman Klan Ozunu yang terkenal sebagai ninja pembunuh bayaran paling sadis yang pernah ada.




http://id.wikipedia.org
http://infobackpacker.com/ibn-batutah-sang-penjelajah-dari-timur.htm

Monday, 29 April 2013

✎ Fakta Unik Dibalik Nomor KTP


Bagi anda yang telah berumur 17 tahun atau lebih pasti anda telah memiliki atau paling tidak telah mengetahui apa itu KTP (Kartu Tanda Penduduk). Tapi mungkin kebanyakan dari anda belum mengetahui kalau hanya dari nomor yang terdapat di KTP anda, dapat menunjukkan dengan pasti dimana anda tinggal, jenis kelamin anda dan tanggal lahir anda. Sekali lagi saya tekankan hanya dari nomor saja tanpa melihat keterangan lain yang terdapat pada KTP anda.


Nomor KTP, disadari ataupun tidak, merupakan nomor yang begitu penting bagi warga Indonesia. Mungkin nomor KTP anda lebih penting bila dibandingkan nomor rekening bank anda. Tiap ada formulir yang mesti diisi oleh masyasarat, biasanya ada kotak tempat pengisian nomor KTP, entah itu formulir untuk penggantian kartu ATM, membuka rekening bank, membuat SIM ataupun formulir yang lain. Singkatnya, nomor KTP sangat penting bagi kita semua sebagai warga Negara Indonesia.
Nomor KTP yang kita miliki mempunyai 16 digit bilangan yang tersusun sebagai berikut:

PPKKCC.HHBBTT.RRRR
Keterangan Nomor KTP:


PP adalah nomor kode Provinsi tempat dimana diterbitkannya KTP.
KK adalah nomor kode Kabupaten/Kota tempat dimana diterbitkannya KTP.
CC adalah nomor kode Kecamatan tempat dimana diterbitkannya KTP.


HH adalah tanggal hari lahir dari pemilik KTP.
BB adalah bulan lahir dari pemilik KTP.
TT adalah tahun lahir dari pemilik KTP.


RRRR adalah nomor registrasi yang tertera saat pengajuan pembuatan KTP (Register Number).
Nomer kode wilayah baik Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan, masing-masing diambil dari nomer kode wilayah yang berdasarkan sistem klasifikasi dari Badan Pusat Statistik (BPS). Jadi misalkan, bila anda mengajukan permohonan pembuatan KTP di kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Maka 6 digit pertama pada nomor KTP anda adalah 317302. Dimana angka 31 menunjukkan kode wilayah Provinsi D.K.I. Jakarta, selanjutnya angka 73 menunjukkan kode wilayah Kota Jakarta Pusat dan angka 02 menunjukkan kode wilayah Kecamatan Menteng.

6 digit selanjutnya yang bertanda HHBBTT adalah tanggal, bulan dan tahun lahir dari pemegang KTP. Untuk 2 digit HH yang menunjukkan tanggal kelahiran terdapat sedikit perlakuan khusus. Dimana bila pemegang KTP adalah wanita maka tanggal lahirnya akan ditambahkan dengan 40. Alasan ditambahkan angka 40 adalah agar memberi perbedaan yang jelas. Dengan jumlah hari dalam satu bulan yang maksimal berjumlah 31, maka diambil bilangan yang lebih besar dari itu untuk memberikan perbedaan yang jelas. Misalkan jika ditambah dengan angka 20, seorang perempuan yang lahir di tanggal 5 jika ditambahkan 20 akan menjadi 25 yang akan rancu dengan seorang laki-laki yang lahir pada tanggal 25.
Sedangkan angka yang diambil untuk bagian TT adalah 2 digit terakhir dari tahun kelahiran pemegang KTP. Jadi bila pemegang KTP lahir pada 17 Agustus 1975 maka enam digit HHBBTT akan tertulis dengan angka 170875 bila ia laki-laki dan 570875 bila ia seorang perempuan.

4 digit terakhir bertanda RRRR adalah nomor registrasi. Ini adalah nomor yang tertera saat pengajuan pembuatan KTP. Nomor inilah yang menjaga agar tidak ada 2 orang yang yang tinggal di daerah yang sama serta memiliki jenis kelamin dan tanggal lahir yang sama mempunyai nomor KTP yang sama. Jadi kalau misalnya setelah si A terdaftar, ternyata ada orang lain lagi di Kecamatan tersebut yang ternyata mempunyai tanggal, bulan dan tahun yang sama persis dengan si A dan berjenis kelamin yang sama pula maka dia akan mempunyai nomor registrasi yang berbeda untuk membedakannya dengan si A.




Monday, 8 April 2013

✎ Cinta Selembut Awan

Sampai saat ini orang menggambarkan cinta sedalam laut, seluas samudra ataupun setinggi gunung/langit, 


tapi, disini yang membuat saya kagum adalah cinta digambarkan dengan kelembutan jauh dari kemegahan gunung ataupun ketinggian yang biasa digambarkan pada tahta ataupun derajat. inilah yang saya berangan-angan tuk memahami tentang keindahan kelembutan awan.

Youtube :



LIRIK :

Cinta selembut awan 
Masih tersimpan di hati 
Pesonamu menawan 
Ku dilanda sepi 

Mengapa hanya padamu 
Tercurah seluruh rasa 
Hadir di setiap nafasku 
Bayangmu menyapa 

Meskipun ku tahu dirimu kini 
Tiada lagi sendiri 
Namun ku tak rela melepas segala mimpi 

Oh... Mengapa hanya dirimu 
Yang mampu mengisi hampa sanubari? 

Kini ku mengerti 
Cintaku hanya lamunan 
Kisah kita berakhir 
Menjadi kenangan






"ingin pergi danau atau puncak gunung ditemani gerimis hujan lalu berteriak sekeras mungkin untuk melepas lelah dan melupakan sejenak problema hidup.....
cukup dengan mendengarkan lagi ini... semua sudah terlaksana.



Tuesday, 2 April 2013

✎ Superhero Paling Favorit Tahun 90-an !!

Superhero adalah karakter fiksi yang memiliki kekuatan luar biasa untuk melakukan tindakan hebat untuk kepentingan umum. Pahlawan super memiliki kemampuan atau kesaktian di atas rata-rata manusia, memakai pakaian yang khas dan menyolok serta nama yang khas, dan digambarkan sebagai penolong yang lemah dan pembasmi kejahatan.

Di dalam dunia hiburan ada banyak sekali superhero yang muncul menjadi tokoh utama dalam suatu film atau serial televisi. Apalagi seiring berkembangnya tekhnologi, tampilan superhero pun semakin terlihat canggih dengan didukung oleh berbagai efek dan juga kostum yang semakin baik.

Dalam dekade Tahun 1990 sendiri ada banyak sekali tokoh superhero yang muncul dalam dunia pertelevisian tapi hanya beberapa yang benar benar memorable dan menjadi favorit anak anak pada masa itu dan diingat sampai sekarang.

Inilah 10 Superhero Paling Favorit Dekade Tahun 1990. Check this out :

1. Mighty Morphin Power Rangers

Mighty Morphin Power Rangers (MMPR) adalah serial televisi produksi Saban Entertainment. MMPR adalah serial Power Rangers yang pertama dari serangkaian serial Power Rangers.

Serial ini terdiri dari 145 episode di 3 musim, dan merupakan hasil produksi bersama Fox Kidsdan Saban Entertainment. Masa tayang di Amerika Serikat mulai tanggal 28 Agustus 1993sampai 27 November 1995. Di Indonesia, serial di Mighty Morphin Power Rangers ditayangkan oleh stasiun televisi RCTI. Selain serial TV, MMPR telah satu kali diangkat menjadi film layar lebar: Mighty Morphin Power Rangers: The Movie.

2. Ksatria Baja Hitam RX

Ksatria Baja Hitam RX atau judul aslinya Kamen Rider BLACK RX adalah program acara serial televisi ciptaan Shotaro Ishinomori yang dibuat oleh Toei. Kamen Rider BLACK RX adalah serial Kamen Rider yang ke-9 dari serangkaian serial Kamen Rider. Serial yang terdiri dari 47 episode ini merupakan hasil produksi bersama Mainichi Broadcasting System / TBS, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 23 Oktober 1988 sampai dengan tanggal 24 September 1989. Di Indonesia, serial BLACK RX ditayangkan oleh stasiun televisi RCTI dan sering disingkat dengan nama KBH RX. Serial ini adalah sekuel dari Ksatria Baja Hitam.

3. Jiban

Kidou Keiji Jiban yang dalam versi Inggris berjudul Mobile Detective Jiban adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Jiban adalah serial Metal Hero yang ke-8 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 29 Januari 1989 hingga 28 Januari 1990. Di Indonesia, serial tokusatsu ini ditayangkan di Indosiar.

4. Jiraiya

Sekai Ninja Sen Jiraiya adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Jiraiya adalah serial Metal Heroyang ke-7 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 24 Januari 1988 hingga 22 Januari 1989. Di Indonesia, serial tokusatsu di Jiraiya ditayangkan oleh stasiun televisi Indosiar.

5. Beetle Borg


Big Bad Beetleborgs adalah seri dari televisi amerika yang di produksi oleh SABAN sama seperti serial Power Rangers

Dibuat selama dua season di FOX kids pada 7 september 1996 dan 2 maret 1998, dan ditayangkan kembali di UPN kids pada tahun 1998-1999.

6. Janperson

Tokusou Robo Janperson (特捜ロボ ジャンパーソン Tokusou Robo Janpāson) adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Janperson adalah serial Metal Hero yang ke-12 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 31 Januari 1993 hingga 23 Januari 1994. Di Indonesia, serial tokusatsu di Janperson ditayangkan oleh stasiun televisi Indosiar.

7. Ultraman

Ultraman adalah serial tokusatsu produksi Tsuburaya Productions yang menampilkan tokoh pahlawan super bernama Ultraman. Serial ini merupakan serial kedua dalam Serial Ultra setelah serial tokusatsu Ultra Q, namun menjadi serial pertama yang menampilkan Ultraman. Seluruhnya terdiri dari 39 episode, serial ini pertama kali ditayangkan di jaringan televisi TBS, Jepang dari 17 Juli 1966 hingga 9 April 1967. Ultraman diciptakan oleh Eiji Tsuburaya dari Tsuburaya Productions, seorang pelopor efek khusus.

8. Saras 008

Saras 008 merupakan sebuah sinetron yang ditayangkan di Indosiar dari tahun 1996 hingga tahun 2000. Pemain utama di sinetron ini ialah Sindy Dewiana, Selly Hasan, Pretty Asmara,Paquita Widjaya, Nia Ramadhani dan masih banyak lagi. Jumlah episodenya adalah 120+. Sinetron ini diproduksi oleh Rapi Films.

9. Panji Manusia Millenium

Panji adalah seorang pemilik panti asuhan yang mendapatkan sebuah gelang super dari Professor Adam yang merupakan penemuan dari Professor Latif.Diperankan oleh Primus Yustisio. Dengan gelang ini Panji memiliki kekuatan untuk terbang,tidak terlihat,dan memiliki kekuatan otot melebihi manusia normal.Dan Panji pernah kehilangan kekuatannya ketika gelang ini berhasil dihancurkan oleh musuhnya,untuk mengembalikan kekuatannya Professor Latif membuatkannya sebuah gelang baru dalam bentuk microchip yang ditanamkan di lengannya.

10. Wiro Sableng

Wiro Sableng atau Pendekar 212, adalah nama tokoh fiksi dalam seri buku yang ditulis oleh Bastian Tito. Wiro terlahir dengan nama Wira Saksana yang sejak bayi telah digembleng oleh gurunya yang tekenal di dunia persilatan dengan nama Sinto Gendeng. Wiro adalah seorang pendekar dengan senjata Kapak Maut Naga Geni 212 dan memiliki rajah “212? di dadanya. Wiro memiliki banyak kesaktian yang diperoleh selama petualangannya di dunia persilatan, dari berbagai guru.


"SEKIAN"

Monday, 1 April 2013

✎ Siang dan Malam Dalam Satu Foto

Teknologi fotografi digital saat ini telah membuat sesuatu yang dulu hampir tidak mungkin dilakukan menjadi mungkin. Dengan dibantu teknologi digital, Stephen Wilkes melakukan eksplorasi penggabungan foto siang dan malam “Day Into Night” dalam satu frame foto.

Seri foto yang berjudul “Day Into Night” dibuat menggunakan kamera medium format berukuran 4×5 dengan digital back 39 MP. Stephen Wilkes menggunakan teknik fotografi panorama dengan memutar kamera secara manual karena jarak pandang foto yang begitu luas dan harus berdiri sepanjang hari untuk mendapatkan foto yang diinginkan. Secara berkala Wilkes dan asistennya mengecek hasil fotonya dengan menggunakan laptop untuk memastikan hasil foto telah sesuai dengan apa yang diinginkan.

Proses terakhir adalah melakukan penggabungan antara 30-50 foto dengan menggunakan software editing Photoshop, menggabungkan setiap pergeseran hari dari siang ke malam. Tantangan tersulit adalah melakukan memastikan setiap hasil foto dapat digabungkan dan tampak alami. Setiap pergerakan orang, kendaraan, papan iklan baliho elektronik berubah setiap menit dan akan menjadi sebuah masalah pada saat proses editing. Dengan memperhatikan setiap detail, Wilkes berhasil menggabungkan setiap foto tampak alami.

1. The Flatiron Building



2. Time Square



3. Washington Square


4. Central Park


5. The High Line


6. Park Avenue


7. Gramercy Park

8. Coney Island

9. Western Wall, Jerusalem

10. Shanghai, China

11. Times Square, New Years Eve, NYC

12. Bethesda Fountain, Central Park


Jangan terpukau....
karena ini yang paling keren.....
Klik :







Total Pageviews

Histats